Kei Saito Dari Jepang Diberikan Larangan Doping Pertama di Pyeongchang

Speed skater asal Jepang, Kei Saito telah menjadi atlet pertama yang dikeluarkan dari Olimpiade Musim Dingin 2018 karena pelanggaran doping







Kei Saito Dari Jepang Diberikan Larangan Doping Pertama di Pyeongchang
Kei Saito Dari Jepang Diberikan Larangan Doping Pertama di Pyeongchang

Cerpen
- Saito gagal dalam tes doping di luar kompetisi sebelum Olimpiade, kata Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga.

Atlet berusia 21 tahun itu telah meninggalkan klub Olimpiade Atlet secara sukarela namun menegaskan bahwa dia tidak bersalah.

Dia diuji positif untuk acetalozamide, diuretik yang dilarang yang dianggap sebagai masking agent.

Agen masking sering digunakan untuk menutupi zat peningkat kinerja yang terlarang.

Atlet berusia 21 tahun itu belum berkompetisi di Olimpiade namun harus bersaing di relay 5.000m pria pada hari Selasa.

Pernyataan CAS mengatakan bahwa dia akan diskors sementara dari Olimpiade dan kompetisi lainnya sambil menunggu penyelidikan penuh.

"Saya terkejut dengan ini karena saya tidak pernah mencoba melakukan doping," kata Saito dalam sebuah pernyataan.

"Saya telah dilatih untuk anti-doping. Saya tidak pernah minum steroid sehingga saya tidak perlu menutupi masker, dan saya tidak perlu menurunkan berat badan dengan menggunakan obat ini.

"Jadi saya tidak punya motivasi untuk menggunakan ini, saya ingin membuktikan kepolosan saya tapi saya tidak ingin membebani tim saya jadi saya menerima keputusan ini," katanya.

Kepala delegasi Olimpiade Jepang di Pyeongchang, Yasuo Saito, mengatakan kedua sampel tersebut dinyatakan positif.

Otoritas IOC dan anti-doping telah meningkatkan pengujian untuk Olimpiade Pyeongchang menyusul pengungkapan sekam daoping yang disoponsori negara pada Olimpiade Musim Dingin terakhir di Sochi, Rusaia pada tahun 2014.

Seluruh tim Rusia dilarang masuk ke Pyeongchan tapi 169 menit atlet mereka diizinkan untuk bersaing sebagai atlet independer di bawah bendera netral.


Comments